Seri e-SPT PPN 1111 – 6. Cara Input Pajak Keluaran

Seri e-SPT PPN 1111 – 6. Cara Input Pajak Keluaran

41 8883

Postingan ini masih satu rangkaian dari postingan sebelumnya tentang cara mengisi faktur pajak masukan. Sekarang cara mengisi faktur pajak keluaran di e-SPT PPN 1111. Salah satu yang harus sudah dipunyai PKP sebelum mengisi pajak keluaran adalah nomor faktur elektronik. Karena faktur pajak yang diterbitkan harus sudah menggunakan nomor faktur yang dijatah dari DJP.

Contoh transaksinya sebagai berikut di bulan agustus 2013:

    • 8 Agustus 2013 menjual 2 unit printer kepada Koh Guan (NPWP 06.418.161.3-953.000) sebesar Rp 30.000.000 dengan nomor faktur 010.900-13.22200001
    • 15 Agustus 2013 Koh Guan mengembalikan 1 unit printer senilai Rp 15.000.000 dengan nomor nota retur SNR-00012
    • Selama bulan Agustus melakukan penjualan eceran produk lain (Faktur Pajak Digunggung) senilai Rp 40.000.000

Posting Data faktur Pajak Keluaran

media_1380008345263.png

Urutan langkah posting

  1. Cek dahulu jumlahnya mungkin ada salah ketik angka
  2. Klik Posting
  3. Sesuaikan dengan masa SPT
  4. Pajak Masukan ada 2 karena dari postingan sebelumnya saya input dua pembelian, PK ada 2 yang menggunakan faktur

Buka Menu Pajak Masukan

Caranya mirip dengan di artikel sebelumnya. Jika dulu untuk membuka menu pajak masukan, sekarang lewat Input Data > Pajak Keluaran. Kemudian sesuaikan bulan dan klik Tampilkan dan klik tombol Baru untuk mulai mengisi pajak keluaran

Isian untuk Transaksi 8 Agustus 2013

media_1380005135427.png

Penjelasan urutan langkah

  1. Cukup Jelas
  2. Cukup Jelas (karena PPN-nya kita setor sendiri)
  3. Cukup Jelas
  4. Tinggal input nomor NPWP
  5. Pastikan nomor faktur pajak keluar sesuai dengan yang diinput di Referensi > Jatah Faktur Pajak, jika tidak sama pasti muncuk notifikasi error
  6. Pilih tanggal penerbitan faktur
  7. Isi harga penjualannya
  8. Simpan

Isian Untuk Transaksi Tanggal 15 Agustus 2013

media_1380006478865.png

Penjelasan urutan langkah

  1. Cukup Jelas
  2. Cukup Jelas
  3. Karena pengembalian maka pilih Nota Retur/ Nota Pembatalan
  4. Dokumen yang diretur atas faktur
  5. Pilih WP-nya
  6. Isi dengan nomor nota retur
  7. Isi dengan faktur pajak yang dretur
  8. Tanggal nota retur
  9. Jumlah yang diretur
  10. Simpan

Persiapan Menginput Penjualan Tanpa Faktur Pajak (FP Digunggung)

media_1380076743890.png

klik Setting > Setting SPT PPN 1111 dan akan muncul box seperti diatas, kemudian pilih masa agustus dan ikuti klik seperti yang ditunjukkan angka

Buka Lampiran AB Untuk Mengisi Transaksi Digunggung

media_1380076910908.png

Klik SPT > Lampiran SPT 1111 > Lampiran AB

Masukkan Nilai Digungung Pada Lampiran AB

media_1380077103475.png

Urutan Langkah:

  1. Masukkan nilai DPP transaksi eceran/yang digunggung pada B.2 di kolom DPP (Rupiah) dan tekan Enter sekali
  2. Jika tidak ada transaksi lain bisa langsung klik tab Bagian III agar fungsi tombol Simapan aktif
  3. Klik Simpan
  4. Klik Cetak (jika ingin)
  5. Klik Keluar untuk menyudahi

Input PPN Kurang Bayar di Bagian II Induk SPT PPN

media_1380077476388.png

Untuk membuka Induk SPT PPN 1111

  1. Klik SPT
  2. Klik Induk SPT 1111
  3. Klik Bagian II
  4. Lihat apakah PPn tersebut kurang bayar/nihil atau LB
  5. Isi di G. PPN yang kurang bayar dilunasi tanggal, klik di Kotak kecil

Cara Isi SSP Kurang Bayar

media_1380079468564.png

Sebelum isi ini pastikan PPN kurang bayar telah disetor terlebih dahulu dan mintalah nomor NTPN di lembar Bukti Penerimaan Negara yang diberikan Kantor Pos atau Bank Persepsi.
Pada Menu Input SSP Yang Telah Dibayar

  1. Pilih Kode Akun Pajak yang sesuai (100 untuk PPN yang dipungut sendiri)
  2. Input NTPN dari BPN (Bukti Penerimaan Negara)
  3. Masukkan pajak kurang bayar
  4. isi sesuai tanggal validasi di SSP
  5. Simpan
  6. Keluar
  7. Klik Tab Bagian VI, di bagian bawah ada kotak kosong untuk mengisi Kota tempat dibuatnya SPT dan tanggal SPT akan dilaporkan di kantor pajak
  8. Simpan dan
  9. Cetak

Cetak Induk SPT PPN dan Buat CSV PPN

media_1380080048883.png

Cetak Induk SPT tidak ada masalah berarti tinggal; klik ikon print
Untuk membuat CSV, masih sama dengan pembuatan CSV PPN Nihil seperti yang pernah saya bahas disini.

  1. Klik SPT > Buat CSV
  2. Sesuaikan dengan masa PPN
  3. Klik SImpan
  4. Pilih Yes (disitu terlihat nilai SSP dengan PPN apakah sudah benar atau masih selisih)
  5. Pilih direktori tempat meyimpan file CSV (saya lebih suka 1 folder 1 satu masa PPN, biar rapi)

41 Komentar

  1. gan bisa kasih contoh pengisian espt pph21 n ppn untuk jasa konstruksi,
    misal cv.A mendapat proyek perbaikan 100juta,
    kan dipotong ppn dan pph final,
    itu gimana penginputan di espt ppn n pph21 nya?

    Terimakasih

    • Gan, untuk e-SPT PPN caranya sesuai dengan yg di artikel diatas, cuma nanti tentukan untuk Detail Transaksi apakah penyerahan jaskon tsb ke sesama PKP atau ke pemungut PPN. Sedangkan untuk e-SPT PPh 21 maka berbeda perlakuan antara pegawai tetap dan pegawai tidak tetap. Yg ini harus lebih spesifik status pegawainya.

  2. Saya mau input lawan traksaksi tapi tidak ada NPWP nya, saya sudah masukkan data 00.000.000.0-216.000 (216 kode daerah) dan 00.000.000.0.000.000 tidak jawabnya data vailid?, tolong mas gimana solusinya, soalnya saya mau lapor

    • Saya coba input 00.000.000.0.000.000 di pajak keluaran bisa bu, saya pakai e-SPT PPN 1.5. Cuma nantinya FP-nya dikategorikan tidak lengkap dan pembelinya tidak bisa mengkreditkan PM-nya. Silahkan diupdate dulu ke 1.5 bu.

  3. mohon maaf pak sebelumnya, saya butuh bantuan pak. Seharusnya bulan kemarin saya sudah melaporkan pajak bulanan perusahaan saya, tapi pas saya mau ngisi di e-sptnya dengan tanggal yg tercantum di faktur tidak bisa pak ” batas waktu sudah melebihi”. bagaimana ya pak cara mengatasinya. info dan bantuannya terima kasih pak

    • Selamat pagi bu Listia
      Misalkan ibu transaksi di agustus, tapi tgl fakturnya di september. Pastinya saat akan input FP september di amsa pelaporan agustus akan ditolak. Sehingga, mau nggak mau dilaporkan di masa PPN september sekalipun transaksinya agustus. Konsekuensinya, KPP bisa menerbitkan denda 2%xDPP FP yg telat dengan STP.

  4. sy mau tanya apa setiap masuk espt ppn selalu n hrs mengisi profil wp n apa arti KLU dalam lembar profil Wajip Pajak? trmksh atas balasannya

    • Pengisian Profil WP dilakukan hanya sekali saja saat pertama kali masuk ke aplikasi e-SPT. Setelah diisi dengan lengkap profilnya, jangan lupa disimpan ya… lalu setiap mau menutup aplikasi, jangan langsung tutup, tapi manfaatkanlah menu logout.

      KLU itu singkatan dari Klasifikasi Lapangan Usaha, Ibu Eliya dapat melihatnya pada Surat Keterangan Terdaftar yang dulu pernah diterima pada waktu pendaftaran NPWP. Demikian.

  5. Met sore Pa Dwi
    Saya mo tanya, pada bulan Maret kami menerbitkan 2 nomer seri FP, satu nomer sudah di laporkan pada bulan April karena PPN-nya sudah di bayar oleh pembeli. satu no lagi baru di bayarkan pada bulan Mei, tata cara pembuatan e-spt pembetulan-nya bagaiman langkah2nya? terima kasih banyak

  6. siang pak dwi, mohon bantuannya ya pak. Maklum pemula banget. Ada transaksi pembelian brg, jd kan diinput ke pajak masukan. trus saya jual, jd kan diinput ke pajak keluaran. PPN dipungut bendahara pemerintah. Ini masalah saya ( ketika mau buat csv spt ppn nya, muncul kurang bayar pak). gimana cara nya agar saya bisa buat csv nya ya? tq pak

    • Pagi bu Nita
      Ini kayaknya dijualnya ke dinas ya? Jika ya pas input pajak keluaran di baris Detail Transaksi pilih yg Kepada Pemungut Bendaharawan . Nanti PPN tetap muncul namun pada bagian dipungut bendaharawan.

  7. bagaimana cara merubah alamat pkp lawan transaksi pada faktur pajak keluaran, karena NPWP sudah benar tapi alamat nya yang salah dan harus di edit lagi>. saya sudah mencoba di menu>input data>pajak keluaran>centang pajak yang akan di edit tapi tidak bisa?
    Trims

  8. Sore mas,saya mau nanya sejak Thn 2014 uda berapa bulan nie saya input pajak keluaran tapi d induknya tidak terbaca,,jika saya simpan di bagian lampiran AB pasti di induknya untuk pajak keluaran tidak terbaca tapi low lampiran AB-nya tidak di simpan baru mau terbaca,,apa ada masalah sama databasenya y…..Thank,s

    • Coba pastikan aplikasi e-SPT PPN sudah diupdate ke versi 1.5. Kejadian ini saya belum pernah mengalami mbak, seharusnya pada lampiran AB kan berisi ringkasan PK-PM=KB. Jika CSV bisa disimpan (setelah input SSP) maka nggak ada masalah. Mungkin langsung ke KPP terdekat dengan bawa laptop bisa diidentifikasi lebih lanjut problemnya

  9. selamat malam pak,sy mau belajar pajak sm bpk.
    kl cara membuat lapran spt pph 21 bulana tanpa ada transaksi masukan dan pengeluaran ( 0 ) bagaimana,terima kasih sebelumnya.

    dwi,

  10. saya pernah ada tagihan ke bendahara dinas bulan februari saya mengeluarkan faktur pajak dan ssp ke dinas bulan februari pembayaran dinas ke kppn bulan maret dan untuk pengisian pajak keluaran di spt TANGGAL DOKUMEN diisi tanggal faktur saya ke dinas bulan februari atw diisi pembayaran dinas ke kppn?

  11. Selamat malam Pak Dwi, saya mempunyai kesulitan untuk input pajak keluaran di espt. Pelanggan kami adalah non PKP. Ketika saya masukkan npwp 00000000000. Ketika akan disimpan dibilang nomor seri faktur pajak tidak sesuai jatah. Padahal sudah saya input sesuai dengan jatahnya. Bagaimana solusinya untuk ini ya Pak. Sementara utk pelanggan yg punya nomor npwp, tidak ada masalah.

    • Selamat sore bu Fitri.
      Setahu saya kesalahan itu memang karena ketidaksesuaian penginputan jatah nomor FP. Pastikan cek kembali atau kalau perlu hapus dan input lagi jatahnya, karena saya udah coba barusan dengan kondisi seperti diatas dan berhasil buatnya.

  12. Malam Pak, saya sudah coba ikuti. tapi saat membuka spt induk tidak ada angkanya(semua “0”). padahal saya sudah posting.
    itu bagaimana y???

  13. Sore mas Dwi,
    Sejak tahun 2012 perusahaan ditempat saya bekerja menerbitkan invoice dengan PPN dan juga tidak dikenakan PPN. Untuk invoice dengan PPN selama ini tetap saya laporkan sebagai pajak yang tidak digunggungkan. Yang jadi persoalan bagaimana dengan penjualan yang tidak dikenakan PPN apakah wajib dilaporkan sebagai faktur pajak yang tidak digunggungkan ya mas? Dalam hal ini kami melakukan penjualan non PPN kepada orang pribadi dan juga badan.
    Mohon bantuannya ya mas

    • Sore mbak Fara
      Yg tidak ada PPN-nya tetap di input pada menu pajak keluaran tetapi detail transaksinya sesuaikan apakah dibebaskan PPN atau tidak dipungut dsb.

  14. Maaf mas, mo tanya nihh “perusahaan saya konstruksi, saya udh input di INPUT PAJAK KELUARAN dgn detail transaksi no.2 dan 3 yaitu Pemungut bendaharawan dan pemungut selain bendaharawan yg mo saya tanyakan, apakah emang gk diperlukan lagi Input SSP ya soalnya gk mau diinput lagi Penghitungan PPn kurang bayar/lebih bayarnya dengan petunjuk/informasi “Hanya SPT KURANG BAYAR yang bisa Input SSP
    Makasih sebelumnya

    • Jika PPN-nya karena transaksi dengan bendahara dan dipungut bendahara maka tidak ada PPN kurang bayar, makanya inputan SSP tidak bisa dan tidak perlu diiput pak Yanto

  15. siang pak. saya mau tanya kenapa ya saat saya menginput tanggal setor pada SSP yang telah dibayar tidak bisa tanggal 23 Januari sesuai pembayaran pajaknya? tapi kalo tanggalnya saya ganti desember bisa. tapi itu masa pajak desember jadi kan tidak mungkin kalo saya input tanggalnya desember.
    terimakasih..

    • Saya barusan coba skenario gini:
      SPT PPN Agustus 2013 KB 5.000.000 kemudian di isian SSP saya bikin tgl SSP-nya 17/09/2013 dan bisa bu Dini.
      Apakah seperti itu kondisinya?

  16. pagi..
    mau nanya saya mau posting pajak keluaran..tetapi tidak bisa tersimpan karna no seri faktur pajak tidak sesuai dengan jatah katanya.. sementara no faktur pajaknya sudah sesuai

    • mohon maaf, apakah jatah nomor faktur telah direkam?
      jika belum maka memang akan keluar notifiaksi seperti itu.
      kalau belum, silakan direkam dulu di aplikasi e-SPT PPN.
      caranya: masuk menu tools<referensi<jatah faktur pajak<baru.
      kalau sudah pernah direkam, coba dicek lagi kebenarannya. barangkali kemarin ada salah ketik.
      caranya: masuk menu tools<referensi<jatah faktur pajak<dicentang dahulu, lalu klik ubah.
      demikian, semoga berhasil.

  17. Siang Pak….
    maaf mo tanya gimana cara posting untuk kode pajak 080 yang bukan subjek pajak ?
    karena begitu saya posting, sistem meminta NPWP sedangkan untuk yang bukan sujek pajak tidak mempunyai NPWP.
    trims

    • Siang bu Ica Ada formatnya untuk surat pemberitahuan nomor faktur yg tidak terpakai. Dalam bulan ini akan saya buatkan panduannya bu, terima kasih atas masukannya.
      ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
      Ini artikel pemberitahuan nomor faktur yang tidak terpakai bu. Baca disini

  18. saya, entry data untuk pajak keluaran cocok semua hanya npwpnya yang salah, namun sudah terlanjur saya posting dan sudah laporkan ke kantor pajak. bagaimana cara pembetulannya?

    • Pagi Bu
      Bisa buat SPT Pembetulan. Tapi sebelumnya rubah dulu data lawan transaksi yang salah NPWP-nya. Bisa dibetulkan di Tools >> Referensi >> Lawan Transaksi
      Setelah itu buat SPT pembetulannya dan saat masuk di menu pajak keluaran, tinggal klik faktur yang salah dan rubah pada NPWP-nya
      Tentang pembetulan bisa dibaca disini

  19. Apakah Faktur Pajak yang digunggung hanya berlaku untuk pengusaha Eceran. Untuk pengusaha yang
    melakukan penjualan dengan cara eceran dan bukan dengan eceran apakan diperbolehkan membuat faktur pajak yang digunggung dan bagaimana penggunaan no seri faktur pajaknya

  20. FP digunggung adalah FP yg tidak lengkap isinya pak, misalkan nota, invoice. Dan peruntukannya memang untuk pedagang ecera. Termasuk PKP yg jual barangnya ada yg menerbitkan FP dan aada juga yg digunggung.

Tulis Komentar

To create code blocks or other preformatted text, indent by four spaces:

    This will be displayed in a monospaced font. The first four 
    spaces will be stripped off, but all other whitespace
    will be preserved.
    
    Markdown is turned off in code blocks:
     [This is not a link](http://example.com)

To create not a block, but an inline code span, use backticks:

Here is some inline `code`.

For more help see http://daringfireball.net/projects/markdown/syntax