Jatah Nomor Faktur Tersisa Nih. Harus Diapakan Yaah?

Selamat sore pembaca amsyong yang budiman :)

Kemarin (saya lupa tepatnya), seorang pengunjung (mbak Ica) bertanya

Cara/prosedur pengembalian no faktur pajak yang tidak terpakai bagaimana ya??

Saya akhirnya baru inget, bulan desember ini kan bulan terakhir penggunaan nomor faktur, artinya tahun depan ngajukan nomor lagi, sementara nomor faktur yang tersisa pada tahun ini harus dilaporkan ke KPP. Oia untuk pengajuan nomor faktur tahun depan, langsung aja masuk ke langkah kedua yaitu ajukan permohonan “Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak” dengan dilampiri kode aktivasi dan password. Untuk melaporkan nomor faktur sisa mudah saja, dan pemberitahuan ini disampaikan bersamaan dengan pelaporan SPT Masa PPN Masa Desember ini, artinya disampaikan januari tahun depan (idealnya kalau gak telat SPT-nya).

Pada Per-24/PJ/2012 pasal 10 ayat (2) disebutkan

Nomor Seri Faktur Pajak yang tidak digunakan dalam suatu tahun pajak tertentu dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat PKP dikukuhkan bersamaan dengan SPT Masa PPN Masa Pajak Desember tahun pajak yang bersangkutan dengan menggunakan formulir sebagaimana diatur dalam Lampiran IVF yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal Pajak

Surat pemberitahuan nomor faktur yang tidak terpakai sudah saya siapkan contoh formatnya, bisa unduh di link bawah ini.

Semoga bermanfaat

Download Format surat pemberitahuan nomor faktur yang tidak digunakan

Tata cara permohonan nomor faktur pajak klik disini

Share this Story

Related Posts

28 Comments

  1. indah

    Thursday, 13 March, 2014 at 00:50

    Mlm mas dwi, saya mau nanya : untuk pembetulan spt PPN.. Apakah nomor faktur pajak akan digunakan pd saat pembetulan itu pakai nomor yg pertama kali dilapor atau dengan nomor faktur yg berikutnya ?. Dan misal apabila di bln februari saat lapor PPN, ada 2 setoran pajak yg kurang dari 3 yg telah di lapor (apakah tetap dibuat pembetulan dan apakah setoran pajak ppn digabungkan menjadi 5 item yg akan dipakai dgn menggunakan nomor faktur? )

    Reply

    • Dwi Utomo

      Thursday, 13 March, 2014 at 12:49

      Siang mbak Wulan
      Misalkan pada SPT februari normal melaporkan 3 FP, ternyata seharusnya menenerbitkan 5 jadi kurangnya 2 FP. Cukup berikan nomor lanjutan untuk 2 FP yg telat terbit. Pada nomor FP elektronik kan gak masalah juga jika nggak urut selama masih dalam jatah.

      Reply

  2. Lia

    Monday, 10 February, 2014 at 16:28

    selamat siang pak dwi

    Mohon dibantu atas pertanyaan saya:

    Bagaimana jika spt masa desember ’13 sudah di laporkan, sedangkan sisa nomer faktur pajak baru akan dilaporkan pada masa jan ’14 ( krn baru menyadari blm di laporkan). Apakah di buat pembetulan masa des ’13?
    Bagaimana wp badan yg sdh tidak ada transaksinya sehingga sisa faktur pajaknya 2013 tak terpakai, apakah selanjutnya sebaiknya tidak perlu meminta lagi nomer faktur pajak pada 2014 (dikrnakn tidak berjalan lagi)?
    Terimakasih sebelumnya

    Reply

    • Dwi Utomo

      Monday, 17 February, 2014 at 00:54

      Malam bu Lia

      1. Untuk nomor yg tersisa di aturannya memang dilaporkan berbarengan dengan PPN masa desember, hanya saja karena kelupaan, silahkan saja dilaporkan walau sudah masa januari, karena surat pemberitahuannya bukanlah bagian dari SPT PPN, jadi bisa terpisah
      2. Untuk WP badan yg diperkirakan tidak ada transaksi bisa tidak mengajukan nomor faktur, tetapi saat ada transaksi segera minta nomor faktur 2014

      Reply

  3. widi

    Monday, 3 February, 2014 at 02:37

    apabila kode akifasi pajak yang melalui pos itu hilang dan bagai mana cara pengembalian and permohonan nomerfaktur pajak

    Reply

    • Dwi Utomo

      Monday, 3 February, 2014 at 10:49

      Untuk kode aktifasi bisa minta lagi ke petugas pelayanan KPP arsipnya, untuk pengembalian tinggal susun surat pemberitahuan saja. Begitu rekan Widi.

      Reply

  4. Munir Munir

    Wednesday, 29 January, 2014 at 11:20

    pk dwi. saya mau tanya : kalau laporan PPN di tahun 2013 dilaporkan nihil lalu mau melakukan pembetulan di tahun 2014 , apa bisa minta nomor seri faktur ditahun 2013 utk melakukan pembetulan…?

    Reply

    • Dwi Utomo

      Thursday, 30 January, 2014 at 15:57

      Pak Munir saya tidak tahu apakah di KPP bapak sama seperti di tempat saya. Saya coba tanya ke petugas pelayanan, apakah WP masih bisa meminta nomor faktur 2013, mereka bilang tidak bisa untuk minta nomnor tahun pajak 2013. Namun dicoba saja pak, kalau untuk pembetulan masih dibolehkan pastinya.

      Reply

  5. Devita

    Monday, 20 January, 2014 at 10:07

    gimana kalau misalnya sdah tlanjur bln januari ini ada bbrpa inv yg pakai no. pajak bln desember..?? krna inv. urgent dan stlah itu mengajukan pengembalian no seri FP tgl 13 januari kmaren dan baru dikasi No. FP yang baru. Apa inv. bulan januari yang pakai no. FP desember ini gpp atau bagaimana mas?
    tlong pnjelasanx. thx

    Reply

    • Dwi Utomo

      Tuesday, 28 January, 2014 at 14:52

      Pastinya nomor faktur 2013 untuk PPN 2013, jadi harus dibatalin untuk FP januari kemudian bikin FP dengan nomor 2014 dengan rincian yg sama persis. SPT PPN-nya dibetulin juga ya mbak.

      Reply

  6. Yusup

    Saturday, 18 January, 2014 at 15:15

    Permisi mau nanya nih.. Soal nomor faktur pajak yang dikembalikan… Kalo faktur pajak batal termasuk nomor yang tidak terpakai bukan ya???

    Reply

    • Dwi Utomo

      Tuesday, 28 January, 2014 at 14:58

      No FP batal pada prinsipnya dipakai tapi akhirnya dibatalkan, jadi nggak termasuk pada yg pemberitahuan tsb

      Reply

  7. Ella Nurlela

    Thursday, 16 January, 2014 at 10:31

    Terimakasih banyak buat infonya mas, bermanfaat sekali :-D

    Reply

  8. sriyono

    Wednesday, 8 January, 2014 at 16:17

    Mas mau nanya , formulir pemberitahuan nomor seri faktur pajak yg tdk digunakan itu ada 5 kolom yg di isi. Maksud saya kita harus ketik semua no yg ga di gunakan kh mas

    Reply

    • Irfan Hartono

      Friday, 10 January, 2014 at 16:07

      Sepanjang yang saya tahu yang saya baca pada format “Surat Pemberitahuan Nomor Seri Faktur Pajak Yang Tidak Digunakan”, kita harus menuliskan nomor seri yang tidak kita pakai. Jika ada nomor yang berurut, saya rasa kita boleh menuliskannya dari sekian sampai sekian, begitu.
      Dan tentu saja format itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita tanpa mengurangi maksud dan tujuan format tersebut.

      Reply

  9. Yosep Nuryaman

    Tuesday, 7 January, 2014 at 17:44

    Mas bro..
    Kantor saya baru mengajukan No faktur bulan Mei 2013. Pertanyaannya
    1. kalau kita mengajukan no faktur baru 2014, kita harus melampirkan data-data no faktur yang terpakai dari bulan mei-des 2013 gak?
    2. Sebelumnya kami menggunakan no faktur sendiri(nonya gak minta dari KPP) apakah itu juga kita laporkan?

    Reply

    • Irfan Hartono

      Tuesday, 14 January, 2014 at 14:09

      Pak Yosep, nomor faktur pajak yang sudah diberikan di tahun 2013 dan tidak terpakai silakan nanti dilaporkan bersamaan dengan SPT masa bulan desember 2013.

      Reply

  10. endah susanti

    Monday, 6 January, 2014 at 10:43

    kalau perusahaan belum melaporkan ppn nya dari bulan september sd november, apa bisa kita minta nomor faktur pjk 2014 mas ? thx

    Reply

    • Irfan Hartono

      Monday, 6 January, 2014 at 12:07

      Kalau mintanya sekarang, berarti harus sudah melaporkan SPT Masa PPN september, oktober, november.

      Reply

  11. Nanda

    Friday, 3 January, 2014 at 13:08

    Wah makasi byk info nya.. Br inget kalo hrs dibalikin.
    Td langsung ke KPP buat nanya.. Dan betul, pengembalian bareng dgn pelaporan PPN Desember. Sblm pengembalian no faktur yg tidak terpakaipun, kita tetap bs no faktur baru untuk periode 2014. Karena periode desember blm jatuh tempo, jadi permintaannya mencantumkan bln sebelumnya adalah september, oktober, november.

    Reply

  12. lulu

    Tuesday, 31 December, 2013 at 13:40

    untuk kode aktivasi dan password nya itu gag perlu minta pengajuan lagi kan yaa mas Dwi ?
    Mohon bantuanya untuk dishare ..
    Makasiih :)

    Reply

    • Irfan Hartono

      Friday, 3 January, 2014 at 19:39

      betul, bu lulu. langsung minta nomoor seri faktur yang baru. tanpa perlu minta kode aktivasi dan password lagi.

      Reply

  13. anto

    Friday, 13 December, 2013 at 17:00

    om numpang lewat sekalian numpang tanya ya….
    soal kalo kita mau minta no seri faktur pajak untuk tahun 2014, berati nanti lampiran yang isinya “Bersama ini kami sampaikan data penyampaian SPT Masa PPN untuk 3 (tiga) bulan terakhir berturut-turut yang telah jatuh tempo pada tanggal permintaan ini diajukan berikut jumlah penerbitan Faktur Pajaknya.” ini maksudnya dari masa september, oktober, nopember. Atau oktober, nopember, desember ya?? kalo desember kan otomatis kita laporannya baru akhir bl januari, sedangkan di awal bl januari kita udah ada penjualan yang harus pakai no seri yang baru. trus gimana yang betul?mohon pencerahannya :D nuwun sebelumnya

    Reply

    • Dwi Utomo

      Tuesday, 17 December, 2013 at 10:46

      Siang mas Anto
      Yang saya tahu dari petugas TPT, cukup laporan SPT sept, okt, nop itu sudah bisa diproses. Good Luck :)

      Reply

  14. OTNAY

    Wednesday, 4 December, 2013 at 11:02

    Pagi Mas Amsyong ……… Eh Mas Dwi

    Dalam pengembalian nomor faktur pajak yang tidak terpakai disana disebutkan kalau nggak salah nich “Nomor Seri Faktur Pajak yang tidak digunakan dalam suatu tahun pajak tertentu dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat PKP dikukuhkan bersamaan dengan SPT Masa PPN Masa Pajak Desember tahun pajak yang bersangkutan”.
    Dengan demikian jelas bahwa melaporkannya adalah “bersamaan dengan SPT masa Pajak Desember tahun yang bersangkutan” bukan batas akhir penyampaian laporan SPT masa desember/paling lambat 31 Januari tahun berikutnya. Pertanyaannya adalah bagaimana seandainya laporan SPT Desember terlambat dilaporkan ? Mestinya nggak apa-apa ta Mas ? Kan melaporkannya bersamaan dengan SPT masa Desember !!!!
    Gimana Mas Dwi menurut penjenengan ???

    Reply

    • Dwi Utomo

      Wednesday, 4 December, 2013 at 14:38

      Yang tersirat pada ayat diatas pastinya pemberitahuan tsb dilaporkan setelah masa pajak desember lewat (ya iyalah), karena tidak ada penegasan tanggal saya kira bisa diberitahukan dengan pelaporan SPT Masa PPN yg telat. Kasihan juga jika pemberitahuan disampaiakan januari sedangkan SPT PPN masih belum selesai dikerjakan dan bisa jadi masih butuh nomor untuk fakturnya.

      Saya edit dikit di artikelnya biar gak bias sesuai opini panjenengan

      Reply

      • OTNAY

        Wednesday, 4 December, 2013 at 15:48

        okey Mas Dwi ….. berarti penjenengan sependapat dengan saya, soalnya kadang ada fiskus yang bikin saya amsyong he he he
        Thanks berat sharingnya … menyenangkan sekali.

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To create code blocks or other preformatted text, indent by four spaces:

    This will be displayed in a monospaced font. The first four 
    spaces will be stripped off, but all other whitespace
    will be preserved.
    
    Markdown is turned off in code blocks:
     [This is not a link](http://example.com)

To create not a block, but an inline code span, use backticks:

Here is some inline `code`.

For more help see http://daringfireball.net/projects/markdown/syntax

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Search / Cari artikel

Newsletter Amsyong

Ingin berlangganan email info pajak gratis? Klik Disini Yaa

Share your support

Close
Dukung Blog Ini
Dengan Klik salah satu tombol dibawah ini