Mau Lapor SPT Tahunan Online? Minta e-Fin Dulu Yach..

Siang pembaca sekalian, sudahkah Anda lapor SPT Tahunan tahun ini? Jika ingin lapor tapi malas datang ke Kantor pajak karena jauh, panas, capek ngantri, petugasnya kurang cakep, nggak punya duit buat cetak SPT atau bingung cara isinya bla.. bla.. bla.. Boleh juga dicoba solusi lapor SPT tahunan lewat internet. Tapi gratis nggak?? Ya gratis dong asalkan lapornya di web resmi Direktorat Jenderal Pajak yang nantinya ada menu e-filing disana. Tapi.. ada tapimya lagi nih, untuk bisa lapor SPT Tahunan online harus punya yg namanya e-FIN. Apa itu?? Kepanjangannya yaitu Electronic Filing Identification Number. Sebuah kombinasi angka dan huruf yang unik, yah semacam kode akses yang berbeda bagi setiap wajib pajak sehingga dijamin hanya Anda yang punya dan data SPT elektronik tidak akan tertukar dengan WP lain.

Cara Mendapatkan e-FIN via KPP (GRATIS !!)

  1.  WP mengajukan surat permohonan untuk memiliki Electronic Filing Identification Number (e-FIN) dari Direktorat Jenderal Pajak.  Surat permohonan WP diajukan ke KPP terdekat. Surat Permohonan dilampiri dengan fotokopi KTP dan fotokopi NPWP.
  2. Kepala KPP harus memberikan keputusan atas permohonan yang diajukan oleh WP untuk memperoleh e-FIN paling lama 1 (satu) hari kerja sejak permohonan diterima dengan lengkap dan benar. (Pasal 5 ayat (4) PER-36/PJ/2013)
  3. Dalam hal e-FIN hilang, WP dapat mengajukan permohonan pencetakan ulang dengan syarat menunjukkan asli kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar, atau bagi PKP dengan syarat menunjukkan asli Surat Pengukuhan PKP. (Pasal 5 ayat (5) PER-36/PJ/2013)
  4. WP yang sudah mendapatkan Electronic Filing Identification Number (e-FIN) harus mendaftarkan diri melalui website DJP/e-filing.  (Pasal 6 ayat (1) PER-47/PJ/2008)

Nomor E-FIN

Cara mendapatkan e-FIN via ASP

Apakah ASP itu? Aplication Services Provider adalah layanan online dari pihak swasta yang sudah ditunjuk Direktorat Jenderal Pajak untuk ikut serta menyelenggarakan pelaporan pajak online. Jadi selain lapor SPT-nya bisa lewat situs resmi pajak, Anda juga bisa lapor lewat layanan jasa ini. Bahkan tidak hanya SPT Tahunan saja, beberapa jenis SPT masa bisa dilaporkan online. Hanya saja Anda akan dipungut biaya jasa alias harus bayar yang nilainya sesuai dengan kebijakan masing-masing penyedia. Ada 3 penyedia jasa ASP yg resmi ditunjuk DJP yaitu:

  • http://www.pajakku.com
  • http://www.laporpajak.com
  • http://www.spt.co.id

Bagaimana cara mendapatkan e-FIn atau layanan pajak lain via ASP? SIlakan menuju web mereka masing-masing karena saya juga nggak tahu proses bisnisnya. Saya milih yg gratisan ajalah hehe..

Download contoh surat permohonan permintaan e-FIN

9 replies
  1. tasya
    tasya says:

    Pagi pak Dwi

    mau tanya kalo mau mengajukan permohonan e-fin secara kolektif, apakah ada formulirnya?

    Terima kasih

    Reply
    • Dwi Utomo
      Dwi Utomo says:

      Sore bu Tasya
      Untuk e-fin secara kolektif belum ada formulirnya, jadi yg pernah saya tahu masing-masing mengisi di formulir individu dengan tanda tangan sendiri-sendiri namun untuk penyerahan ke KPP bisa kolektif. Lebih jelasnya bisa bu Tasya tanya di KPP mungkin ada inovasi lain diluar xara pengajuan stadar khususnya yg kolektif

      Reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Artikel e-filing blog amsyong – e-fin […]

  2. […] e-filing masih sama dengan yang 1770S, bahkan lebih sederhana lagi. Jadi pastikan Anda sudah punya nomor e-FIN dan sudah pegang bukti potong PPh 21 (1721-A1/A2) lalu lihat panduan dan tahapannya pada file PDF […]

  3. […] menggunakan fasilitas e-filing wajib pajak harus sudah mempunyai e-FIN (electronic filling identification number). Kode e-FIN bisa diperoleh di KPP dengan mengajukan permohonan tertulis terlebih dahulu. 1 e-FIN […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan komentar Anda disini..