Formulir Permohonan Sesuai Per-20/PJ/2013

Mumpung hari ini saya belum kebagian jaga loket penerimaan SPT Tahunan, saya mau bagikan dulu file excel yang isinya lampiran-lampiran dari Per-20/PJ/2013. Per-20 yaitu tentang TATA CARA PENDAFTARAN DAN PEMBERIAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK, PELAPORAN USAHA DAN PENGUKUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK, PENGHAPUSAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK DAN PENCABUTAN PENGUKUHAN PENGUSAHA KENA PAJAK, SERTA PERUBAHAN DATA DAN PEMINDAHAN WAJIB PAJAK dan pada lampiran Per-20 banyak berisi contoh template permohonan yg bisa dipakai wajib pajak yang antara lain:

[star_list]
  • Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Badan
  • Formulir Pendaftaran Wajib Pajak Orang Pribadi
  • Formulir Pengukuhan PKP
  • Formulir Perubahan data WP
  • Formulir Permohonan WP NE
  • Formulir Pemindahan WP
  • Formulir Penghapusan NPWP
  • Formulir Pencabutan Pengukuhan PKP
[/star_list]

 

Namun sayangnya file lampiran yang saya dapat berbentuk PDF sehingga sulit untuk digunakan, jadi salah seorang pegawai DJP (Kepala Seksi lho, salim dulu pak) yg bernama Fajar Heksono bersusah-susah membuat versi excelnya hanya untuk berniat memudahkan wajib pajak 🙂 Jadi disini saya hanya berbagi aja, hak modifan/cipta dari PDF ke excel tetep pada pak Fajar dan bagi yang tinggal di Pontianak silahkan main ke KPP Pratama Pontianak untuk sekedar say hello

Formulir Per-20

Seebenarnya selain dengan cara mengajukan permohonan manual ke KPP, WP bisa juga mengkases e-reg untuk melakukannya secara online, namun sayangnya server e-reg sering error, mungkin temporary aja. Langsung aja ya download filenya dibawah ini

Formulir Permohonan Sesuai Per-20

4 replies
  1. nuha
    nuha says:

    Assalamualaikum, met siang Pak Dwi… Senang bisa berkunjung lagi ke amsyong.com,
    Begini pak, ada satu kasus di perusahaan kami. Sebelumnya badan usaha kami berbentuk CV tapi sekarang udah menjadi PT. Masalahnya, keduanya memiliki NPWP yang masih aktif dan memiliki nama yang sama yaitu CV. Berkah Sejahtera dan PT. Berkah Sejahtera. Apa yang harus kami perbuat Pak, apakah yang berstatus CV harus kami non-aktif-kan atau gimana? bagaimana prosedurnya jika kami harus melakukan perubahan data?? mohon penjelasannya….

    Reply
    • Dwi Utomo
      Dwi Utomo says:

      Waalaikum salam pak Nuh, senang bersua lagi.
      Untuk CV yang diupgrade menjadi PT maka diperlukan akte perubahan status badan hukum. Kemudian atas NPWP CV harus diajukan penghapusan NPWP, silahkan minta formnya di KPP untuk penghapusan NPWP CV tersebut.

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan komentar Anda disini..