Cara Install Net Framework 3.5 Di Windows 8

Cara mengaktifkan net framework 3.5 di win 8

Ini artikel jadul namun bisa saja membantu Anda (wajib pajak n fiskus) yang sedang mumet karena bingung nggak bisa instal e-SPT PPN di windows 8. Apa pasalnya? karena berkali kali instal net framework 4 tapi gagal. Nah solusinya ini saya kopi mentah-mentah dari web support microsoft, bagi yang bahasa inggrisnya udah lihai bisa menuju ke original link di akhir artikel. Yang pengen nyimak dalam bahasa Indonesia bisa lanjut baca ke bawah ini.

2 Cara Menginstall Net Framework 3.5 di Windows 8

Cara Online

Cara ini lebih praktis cukup bermodal koneksi internet, boleh gratisan boleh bayar yg penting kuota banyak n wuzz kencengnya.

Langkah 1

Aktifkan sambungan internetnya terlebih dahulu. Cukup buka Control Panel >>Programs

Langkah 2

Klik Turn Windows features on or off, dan nanti muncul tampilan fitur-fitur Windows seperti di bawah ini

Langkah 3

Anda klik yang dilingkari tersebut, biasanya saya klik yg atas sendiri “.Net Framework 3.5 (includes .Net 2.0 and 3.0)”, kemudian klik OK dan akan muncul kotak dialog yang menyarankan Anda untuk mengunduh file tersebut secara online, dan unduhan pun dimulai hingga selesai dengan sendirinya. Jika koneksi internet Anda lemot seperti di Timika maka saya sarankan Anda jangan nungguin proses download tersebut karena file yg didownload cukup besar (perkiraan saya >200MB), lebih baik anda tinggal bikin kopi atau mie dlu, bagi yang puasa bisa sambil baca beberapa lembar ayat suci Al-Quran. Begitulah plus minus cara online install Net Framework 3.5 Di Windows 8.

Cara Offline

Yang dibutuhkan untuk cara offline ini adalah installer windows 8 itu sendiri, bisa berupa kepingan DVD (bajakan atau ori), file ISO yg sudah ada di komputer atau USB Flashdisk yang sudah berisi installer windows 8.

Langkah 1

Masukkan DVD installer windows 8/mounting file ISO Win 8/colokkan USB installer win 8. Pada contoh gambar yang dimasukkan adalah DVD installer windows 8. Cukup installernya aja, kita nggak buth lisensi serial number atau crack untuk aktivasi windowsnya. Diasumsikan setelah DVD dimasukkan maka muncul pada drive E: kemudian coba cari folder sxs, normalnya sih adanya di E:\sources\sxs. Kenapa direktori/path atau jalur folder sxs kita pastikan dulu, karena direktorinya tersebut akan kita masukkan pada kode di command prompts.

Langkah 2

Buka CMD.EXE dengan hak Administrator. Caranya, pencet tombol Windows, ketik CMD, klik kanan di CMD, dan perhatikan di bagian bawah layar ada Run As Admin, klik aja disitu.

Langkah 3

Ketik perintah berikut di command prompt Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:E:\sources\sxs /LimitAccess dan tekan Enter;. Maka akan ada tampilan progress pemasangan di CMD, tungguin aja bntar aja kok.

Langkah 4

Silahkan buka lagi di control panel >> programs maka Net Framework 3.5 sudah bisa terpasang dan e-SPT PPN bisa lanjut diinstall 🙂

Link Sumber: support MS by Reza Faisal

2 replies
  1. vico`
    vico` says:

    ane dah coba cara online, knp pas downloading ga mau jalan ya?
    padhal ane pake wiif, kecepatan 10mbps..

    ada solusi?

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan komentar Anda disini..