,

Informasi Pendaftaran D1 & D3 STAN 2015 Telah Dibuka

Pendaftaran dan pengumuman STAN 2015

Artikel selingan ini dari inisiatif dari saya terutama khususnya untuk adik-adik lulusan SMA (saya udah tua banget rasanya). Bagi para lulusan SMA dan yang sederajat (SMK & Madrasah Aliyah) dari bidang/jurusan apapun kini bisa mulai bersiap-siap untuk mencoba daftar ke Politeknik Keuangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, sekarang disebutnya Poltek STAN, kalau dulu saya waktu kuliah disitu disebutnya Prodip STAN. Buat yang belum tahu apa itu STAN? STAN adalah kampus kedinasan yang berada dibawah lingkungan Kementerian Keuangan dengan menyediakan beberapa tingkat pendidikan yaitu Diploma I dan Diploma III, jurusannya pun masih berkutat disekitar ilmu keuangan. Kemudian mengapa STAN bisa jadi pilihan untuk berkuliah dan apa saja keuntungannya?

  1. Biaya kuliah gratis, gratis artinya tidak ada pungutan seperti biaya SPP, biaya ujian, biaya buku paket materi. Yang pasti harus keluar dari kocek pribadi mahasiswa adalah biaya hidup (kos, transport, makan), biaya ekskul kalau mahasiswanya memang ikutan, biaya hiburan dan lain-lain terkait pribadi kali ya
  2. Kuliah rasa sekolah, nanti mahasiswa disana tinggal kuliah gitu aja dan materi kuliah di tiap semester tidak dipilih/admisi oleh mahasiswa tetapi sudah ditentukan oleh pihak kampus, jadi mata kuliah di masing semester udah fixed
  3. Fasilitas kuliah gratis, seperti kampus lain pada umumnya, tidak ada biaya gedung, fasilitas kampus relatif lengkap, mahasiswa juga dapat seperangkat alat belajar (tas, stationery, buku tulis) dan uang saku bulanan
  4. Diwajibkan kerja sebagai PNS, mayoritas pendaftar STAN memang kuliah untuk mendapatkan kerja, dan begitu lulus para almamater memang diikat dengan ikatan dinas, dan akan diangkat sebagai PNS di lingkungan kementerian keuangan ( DJP, DJKN, BC, DJA, BKF, BPPK dst).

Walaupun begitu tetap ada sisi nggak enaknya kuliah di STAN seperti ada standar minimal IPK yang harus diraih mahasiswa di tiap semester, kalau nggak salah dulu IP 2.6 di semester ganjil dan 2.75 di semester genapnya jika gagal meraih IP minimal maka seketika drop out alias dikeluarkan dari kampus. Dan karena lulusan STAN banyak diserap di Direktorat Jenderal Pajak, ketika ada oknum lulusan STAN yang berbuat buruk maka sentilannya juga beredar di sekitar kampus. Yah sama lah dengan almamater lain.

Syarat-syarat Pendaftaran STAN 2015

  1. Lulusan SMA atau yang sederajat untuk semua bidang keahlian/jurusan
  2. Nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah atau ijazah sementara tidak kurang dari 7,00
  3. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum pada ijazah tidak kurang dari 17 tahun pada tanggal 30/9/2015 dan tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1/9/2015 (lahir antara 1/9/1995 s.d 30/9/1998)
  4. Berbadan sehat, tidak cacat badan dan bebas dari NAPZA
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan
  6. Khusus Program Studi Kepabeanan dan Cukai ada syarat tambahan yaitu:
    1. Untuk D1:
      • Laku-laki tinggi badan minimal 165 cm
      • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm
    2. Untuk D3
      • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
    3. Tidak buta warna
    4. Untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  7. Menyetor biaya pendaftaran USM (ujian saringan masuk) sebesar Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan biaya yang dikelauarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.

Tata Cara Pendaftaran:

Informasi selengkapnya silahkan download/unduh pengumuman reminya di akhir artikel aja ya soalnya agak rinci juga.

Tanggal Penting Terkait Pendaftaran STAN 2015

Pendaftaran Online : 8-12 Agustus 2015
Pembayaran Biaya Pendaftaran : 8-13 Agustus 2015
Pengumuman Jadwal dan Lokasi Verifikasi Berkas : 14 Agustus 2015
Verifikasi Berkas : 17-22 Agustus 2015
Tes Tertulis (TPA dan TBI) : 30 Agustus 2015
Pengumuman Hasil Tes Tertulis : 11 September 2015
Tes Kesehatan dan Kebugaran : 14-16 September 2015
Pengumunan Hasil Tes Kesehatan dan Kebugaran : 21 September 2015
Daftar Ulang Mahasiswa Baru : 25-26 September 2015
Mulai Kuliah : 28 September 2015
Tips Trik Daftar STAN versi admin (true story)
  • Dibaca dan pahami pengumuman resminya. Nggak paham? tanya kakak kelas, alumni atau teman yg lain, jika perlu bisa hubungi pihak kampus STAN
  • Siapin semua dari sekarang untuk persyaratan yang diperlukan, dokumen yang tidak disebutkan secara tertulis tidak perlu disegerakan, misal kayak kartu kuning atau SKCK biasanya hanya untuk daftar ulang yang artinya bagi peserta yang lulus tes saja nantinya.
  • Daftar online, transfer biaya daftar, ikuti aja petunjuk resminya
  • Jika nanti sudah ketemu lokasi ujian tulis ataupun fisik maka sebisa mungkin ngekos atau nginep deket-deket situ biar capek duluan pas ujian
  • Di lokasi pendaftaran/ujian banyak yang jualan buku-buku ujian atau tawaran les khusus persiapan ujian. Jika belum punya buku latihan soal ujian STAN, beli saja 1 untuk latihan setiap hari, yang rajin berlatih pokoknya. Untuk les khusus belum pernah ikut jadi suka-suka aja deh kalau butuh.
  • Jangan pakai joki/calo atau tergoda pakai jalur belakang, dijamin nggak manjur. Percaya diri deh pasti bisa kalau rajin belajar dan berlatih. Kalau dari awal udah coba-coba main nggak jujur, pasti belakangnya nggak bakalan jadi orang bener.
  • Banyak berdoa dan jangan sombong tapi tetep pede. Saingannya relatif agak banyak, jangan minder walau ranking SMA rendah, lha wong saya aja cuman ranking 2 dari bawah waktu IPS dl 🙁 yang penting tetep berdoa dan berusaha. Lihat statistik masuk STAN dari tahun ke tahun (sumber: panitia USM STAN). Saya daftarnya tahun 2006 waktu itu.
Tahun Jumlah Pendaftar Jumlah Diterima Peluang Diterima
2005 81.920 3.725 4,55%
2006 119.628 2.368 1,98%
2007 125.825 2.104 1,61%
2008 95.365 2.325 2,44%
2009 88.744 2.336 2,63%
2010 113.545 3.770 3,32%
2011 53.646 1.592 1,03%
2012 Tidak diadakan penerimaan mahasiswa baru
2013 88.079 4716 5,35%
2014 103.175 4.467 4,33%

Oke tetep semangat ya, silahkan dicoba. Jika ada salah pengalaman atau ada perubahan prosedur silahkan berbagi pengalaman disini 😀

Pengumuman Pendaftaran D1-D3 STAN 2015

Web Resmi Poltek STAN/Link Pendaftaran

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *