,

Nggak Mau Keganggu Pajak Di Liburan Tutup Tahun? Simak Tipsnya

Saat artikel ini rilis, masih tersisa < 2 minggu menjelang pergantian tahun 2017. Secara teori cukup untuk menyiapkan laporan pajak, tetapi pada praktiknya, susah untuk lepas dari jeratan liburan akhir tahun hingga kurang fokus untuk menyelesaikan daftar kerjaan. Biar agenda liburan atau mudik tidak terganggu urusan kerjaan, khususnya pajak, mari simak kumpulan tips di bawah ini.

Laporan SPT Masa

  • Paling tidak ada 2 SPT masa yang harus disampaikan di bulan desember ini yaitu SPT Masa PPh Pasal 21 dan SPT Masa PPN bagi WP PKP.  Jatuh tempo laporan SPT Masa PPh Pasal 21 untuk masa pajak November 2016 adalah tanggal 20-12-2016.
  • Jika PPh Pasal 21 nihil maka segera buat dengan aplikasi e-SPT PPh Pasal 21 ataupun manual dan segera laporkan di KPP. Jika tidak dapat menyampaikan SPT langsung ke KPP, gunakan jasa ekspedisi/pos dengan tanggal kirim paling lambat tanggal 20, karena tanggal kirim di resi pos akan dianggap sebagai tanggal lapor di KPP.
  • Terkait PPN, walaupun tahun masih 2016, jangan ragu untuk segera memesan nomor seri faktur pajak melalui aplikasi enofa online untuk transaksi tahun 2017 nanti. Dan jika perlu beri NSFP cadangan untuk tahun 2016 jika dirasa masih akan ada transaksi susulan.
  • Untuk laporan SPT masa dapat juga menggunakan layanan pihak ketiga yang ditunjuk resmi oleh DJP yaitu:

Pembayaran Pajak

  • Pembayaran pajak sangat dianjurkan dengan menggunakan kode billing, agar setoran cepat masuk di Modul Penerimaan Negara, jika tidak punya segera buat di KPP terdekat atau minta helpdesk KPP buatkan jika tidak terlalu banyak.
  • Bagi Wajib Pajak yang ingin membayar dengan menggunakan ID Biling di loket pos/bank, khusus pada tanggal 30 Desember 2016 pos/bank akan melayani hingga paling tidak pukul 21.00 waktu setempat dan pada tanggal 31 Desember 2016 bank akan tetap membuka loketnya minimal hingga pukul 15.00 waktu setempat. Artinya “minimal” bisa buka lebih lama dari jadwal, untuk info lengkapnya dapat menghubungi bank setempat. Penambahan jam layanan pos/bank persepsi ini sesuai dengan Surat Menkeu No. 989/MK.05/2016.
  • Untuk kanal/saluran pembayaran pajak selain teller bank/pos tetap melayani setiap waktu seperti via ATM, internet banking dan EDC.

Tax Amnesty

  • Seperti yang diketahui, periode II untuk TA akan berakhir pukul 00.00 WIB, artinya bagi WP di wilayah indonesia timur masih bisa lapor SPH hingga jam 00.00 WIT lewat, tapi ya masa iya mau tahun baruan di KPP :(. Janganlah, kan bisa lapor tengah malam di kanwil DJP atau tempat-tempat ditunjuk lainnya hehe.. Nggak, maksud saya daripada lapor SPH mepet akhir tahun, iya kalo dah bener semua, lebih baik segerakan lapor saat ini, bahkan di hari sabtu 08.00-14.00 dan minggu (selama desember) pukul 08.00-12.00 KPP masih buka layanan helpdesk dan penerimaan SPH.
  • Untuk pengusaha kecil, masih dapat memanfaatkan periode tahap ke-3 untuk TA, karena toh sama aja tarifnya cuma 0.5% dari harta yang diungkap, walaupun begitu data-data harta dan utang tetap harus disiapkan agar nanti tidak mepet waktunya dengan laporan SPT Tahunan PPh OP 2016 yang jatuh temponya juga di akhir Maret 2017.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *