Template Daftar Harta Utang dengan Macro Validasi

Formulir SPH

Selamat sore pembaca amsyong. Isi artikel berikut ini agak usang tapi masih dapat digunakan khususnya bagi peminat amnesti pajak. Program amnesti pajak atau pengampunan pajak dengan istilah asingnya tax amnesty (TA) adalah program langka dari pemerintah untuk Wajib Paak sebagai sarana untuk memperbaiki laporan pajak dari tahun dulu-dulu hingga 2015 dengan membayar uang tebusan. Informasi lengkap tentang TA dapat dibaca di website Direktorat Jenderal Pajak pada halaman khusus bahasan TA.  Bulan Desember 2015 ini adalah bulan terakhir untuk periode ke-2 TA, yang artinya bagi non pengusaha kecil masih dapat memanfaatkan tarif tebusan 3% dan untuk pengusaha kecil atau UKM murni nggak peduli periodenya masih menggunakan tarif tebusan 0.5%.

Salah satu sarana untuk dapat mengikuti program TA ini adalah dengan menyampaikan Surat Pernyataan Harta (SPH), formulir SPH ini sudah disediakan di KPP ataupun di web DJP bahkan ada rekan blogger yang berbagi form otomatisnya juga. Salah satu keluhan dari Wajib Pajak dalam mengisi formulir SPH adalah isian seringkali gagal diunggah/upload di aplikasi sehingga baik WP ataupun petugas penerima/peneliti TA harus berjibaku mencari kesalahan isian di excel dan memperbaikinya, syukur-syukur kalo cepet ketemu nah kalo lama nemuinnya bisa-bisa bete lapornya. Nah untuk mengurangi risiko berlama-lama di isian SPH ada baiknya bapak ibu unduh file SPH dari DJP ini, sudah dilengkapi dengan validasi via perintah macro excel. Sudah saya coba dan cukup bermanfaat karena salah isi pada tabel akan ditunjukkan dengan highlight merah dan untuk cek tinggal pencet tombol validasi di pojok kanan atas sheet.

Pengecekan isian SPH

Jika masih ada kesulitan untuk isian bisa hubungi petugas helpdesk TA di KPP, Kanwil DJP atau gunakan layanan konsultan pajak resmi. Selamat mencoba :).

Formulir SPH Tax Amnesty Validasi

File diperbarui mengikuti laman pajak.go.id per tanggal 19-12-2016. Link resmi di sini

 

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan komentar Anda disini..