,

Cara Membuka File Excel Yang Terproteksi Password

Selamat siang pembaca sekalian. Semoga tidak ngantuk setelah istirahat di hari senin ini. Rencananya saya mau bagi kertas kerja untuk aplikasi 1721-A1 dengan PTKP 2016 tapi belum kelar juga karena ada proyek lain akhirnya pakai cara di bawah ini. Daripada kosongan saya bagikan cara untuk membuka file excel yang terkunci password. Ide ini muncul karena beberapa pembaca berkirim surel untuk menanyakan password yang mengunci file aplikasi excel yg saya bagikan.

Seperti pada artikel Kertas Kerja Penghitungan PPh Pasal 21 dengan PTKP 2015, disitu PTKP-nya masih 2015 tetapi dengan bantuan tool ini Anda bisa merubah sendiri ke PTKP 2016. Sebenarnya bukan saya yang naruh password disitu tetapi dari pembuatnya langsung dengan tujuan agar file tidak berubah karena dikahwatirkan nanti tidak sesuai isinya, saya biasanya cuma nambahain modifikasi dikit atau just sharing.

Cara ini cukup manjur untuk membuka berbagai excel yang terkunci password, maksudnya terkunci password adalah filenya bisa dibuka tetapi ada cells di dalamnya yang tidak bisa diedit. Ikuti tutorial singkatnya.

Persiapan Awal

Bahan-bahannya antara lain:

  1. Komputer dengan spek lumayan, karea di spek jadul langsung hang/not responding excelnya
  2. File excel terpoteksi, buat latihan bisa coba artikel ini
  3. Unduh add on excel di laman ini

Pemasangan Add On

Add on kegunaanya adalah untuk menambah fungsi tertentu pada aplikasi excel. Cara pakainya ada 2 macam bisa di dobel klik saja di file Password.xlam dan pilih ENABLE MACROS (wajib ini) atau paste filenya di C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office16\XLSTART (direktori ini saya menggunakan Microsoft Office 2016 dengan windows 64 bit). Add on yang ditaruh di folder XLSTART akan berjalan otomatis setiap kali excel dijalankan.

Cara Penggunaan

Buka file excel percobaan. dalam percobaan ini saya ingin merubah PTKP 2015 menjadi 2016 pada file “Kertas Kerja 1721-A1 2015”. Pada sheet “DATA” pembuat membatasi pengguna agar tidak bisa merubah isi pada sheet Data termasuk isian besaran PTKP.

Kemudian klik tab HANxlsx pada ribbon office dan

  1. Klik Remove Password
  2. Isikan di kolom input “www.hanxlsx.com” dan
  3. Klik tombol OK

Setelah klik OK akan ada notifikasi untuk menunggu selama proses unlocking, klik OK dan tunggu. Akan ada loading beberapa saat, dihindari menggunakan office agar proses berjalan lancar dan nggak macet/hang.

Jika proses sudah selesai akan ada notifikasi berhasil, jika ingin mengunprotect worksheet bisa masukkan “AABBAAAAABBJ” di menu Unprotect Sheet di aplikasi excel.

Selanjutnya Anda bisa merubah konten sheet excel sesuai keperluan. Jadi sudah Download Aplikasi Excel 1721-A1 PTKP 2016.

Gunakan secara bijak dan hargai pembuat file aslinya. Yg bikin add on orang Indonesia juga.

 

3 replies
  1. elrama studio
    elrama studio says:

    Selamat sore semua,
    Saya sudah download Kertas kerja 1721-A1 PTKP 2016 tapi kurang mengerti cara pengisiannya. Apakah ada petunjuk yang lebih lengkap untuk pengisian kertas kerja tersebut terutama pada kolom DTP, dan apa yang dimaksud DTP?

    Balas
  2. Angga
    Angga says:

    Ok sudah bisa thanks banget ni sudah berbagi. Tapi saya mau tanya kalau di laman ini kan dikasih file aplikasi excel 1721-A1 PTKP 2016, untuk melanjutkan ke bulan selanjutnya bagaimana ya prosesnya? Thanks

    Balas
    • Dwi Utomo
      Dwi Utomo says:

      Selamat siang Pak Angga
      Aplikasi 1721-A1 memang hanya untuk rekap potongan PPh 21 tahunan, artinya tidak untuk dilanjutkan ke masa pajak Januari 2017. Untuk kertas kerja yang dimaksud dapat diunduh di laman ini dan seperti biasa disana PTKP masih yang lama tetapi bisa dirubah dengan membuka passwordnya terlebih dulu.

      Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *