Simulasi e-SPT Tahunan PPh Badan Ada Kurang Bayar & Troubleshoot

Selamat sore pengunjung sekalian. Kali ini saya bagikan cara pengisian e-SPT Tahunan PPh Badan untuk badan usaha dengan omset >4.8M sehingga di dalam materi kali ini ada cara pengisian pemotongan PPh 23 dsb. Namun kali ini berbeda, karena yang saya bagikan ada 3 macam file, ada database/DB simulasi, ada materi tayangnya dan ada soal kasusnya. Yuk simak dan unduh di akhir artikel.

Cara mempelajari simulasi ini

Anda dapat membuat DB baru dan memulai pengisian e-SPT dengan membaca kasus dan materi tayangnya, jika ada kesulitan bisa buka DB simulasi yang sudah terisi/yang saya bagikan sambil nanti hasil akhir di palikasinya cocokkan dengan SPT excelnya.

Ini jadi akhir dari tutorial e-SPT Tahunan PPh Badan. Untuk troubleshooting (tanya jawab/FaQs) download materi ini

Semoga-pasti-harusnya bisa !!

3 replies
  1. FRANGKY
    FRANGKY says:

    Selamat Malam Pak Dwi,

    Saya mau bertanya. Jika PT berdiri dan beroperasi di awal tahun (misalnya Januari 2017) namun baru mengajukan PKP di bulan ini. Bagaimana dengan Pembukuan Omset dan Persedian pada akhir tahun pajaknya? Apakah tidak masalah jika Omset dan Persediaan yang dilaporkan di Laporan R/L & SPT Tahunan Badan berbeda (tidak Equal) dengan Laporan SPT Masa PPN (sejak dikukuhkan s/d Masa Desember 2017) ? Apakah ada peraturan mengenai hal tersebut?

     

    terima kasih

     

    Balas
  2. hanafi
    hanafi says:

    Tanya : pada tahun 2015 perusahaan belum pkp menyewa ruko sebesar 50 juta per tahun, pada thn 2017 perusahaan sdh pkp, apakah sewa ruko yg terjadi sebelum perusahaan pkp akan dikenakan pajak atas sewa ruko.
    mohon pencerahanya, tks

    Balas
    • Dwi Utomo
      Dwi Utomo says:

      Selamat sore Pak Hanafi
      Pajak yang terkait PKP adalah PPN, artinya jika pada 2017 perusahaan menyewa maka artinya dia menerima JKP dari pemilik ruko, seharusnya pemilik ruko jika dia PKP maka pemilik ruko yang memungut PPN.
      Pajak yang tidak terkait PKP adalah PPh final atas sewa ruko sebesar 10% yang harus Saudara potong sejak pembayaran awal sewa ruko

      Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *