Membahas tata cara /prosedur bagi wajib pajak dalam mengajukan permohonan ke kantor pajak

Jatah Nomor Faktur Tersisa Nih. Harus Diapakan Yaah?

Selamat sore pembaca amsyong yang budiman 🙂

Kemarin (saya lupa tepatnya), seorang pengunjung (mbak Ica) bertanya

Cara/prosedur pengembalian no faktur pajak yang tidak terpakai bagaimana ya??

Saya akhirnya baru inget, bulan desember ini kan bulan terakhir penggunaan nomor faktur, artinya tahun depan ngajukan nomor lagi, sementara nomor faktur yang tersisa pada tahun ini harus dilaporkan ke KPP. Oia untuk pengajuan nomor faktur tahun depan, langsung aja masuk ke langkah kedua yaitu ajukan permohonan “Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak” dengan dilampiri kode aktivasi dan password. Untuk melaporkan nomor faktur sisa mudah saja, dan pemberitahuan ini disampaikan bersamaan dengan pelaporan SPT Masa PPN Masa Desember ini, artinya disampaikan januari tahun depan (idealnya kalau gak telat SPT-nya).

Pada Per-24/PJ/2012 pasal 10 ayat (2) disebutkan

Read more

Dapat Surat Himbauan Dari KPP? Then What?

Sebelum memulai artikel ini, ijinkanlah saya meminta maaf karena belakangan ini saya sibuk dengan pekerjaan kantor, sehingga masih ada utang pertanyaan yang belum saya jawab. Jika ada yang ketinggalan mohon diingatkan. Terima kasih sebelumnya 🙂

Entahlah saya harus bilang betapa beruntungnya atau betapa amsyongnya, ketika WP mendapat surat cinta himbauan dari KPP :mrgreen:  Bagi yang mengerti isinya dan terbiasa mungkin santai aja nanggapinnya tapi bagi yang belum paham maka bisa jadi beban pikiran :D. Intinya surat himbauan adalah bentuk perhatian dari DJP ke masyarakat agar menunaikan kewajibannya sehingga terhindar dari sanksi dan risiko yang tidak perlu.

Read more

Syarat Dan Tata Cara Permohonan SKB PPN

4 Bulan menjelang tutup tahun 2013, biasanya banyak PKP yang mendapatkan proyek pengadaan dari dinas dan beberapa diantaranya datang ke kantor pajak untuk mengajukan SKB atas PPN. Surat keterangan bebas atau jamak disebut SKB PPN adalah dokumen yang diterbitkan dari kantor pajak yang fungsinya agar atas BKP tersebut tidak dipungut PPN. Tetapi tidak semua BKP harus dimintakan SKB PPN ada juga yang tidak perlu SKB PPN dan dibebaskan PPN juga.

Barang Kena Pajak yang perlu SKB antara lain:

Read more

Tata Cara Pengembalian Atas Kelebihan Pembayaran Pajak Yang Seharusnya Tidak Terutang

Kembali isi postingan kali ini terinspirasi dari pertanyaan seorang pembaca

“Selamat siang pak Dwi.
Saya mau nanya nih pak, kalau terjadi double pembayaran atas PIB pph pasal 22, bisa dilakukan pbk (kompensasi) tidak ya pak? Saya pernah coba mengajukan pbk nya ke kpp,tapi ditolak pak.” (from septian)

Sejujurnya saya nggak kebagian mengawasi Wajib Pajak yang bidang usahanya ekspor impor, tetapi ada beberapa yang saya ketahui tentang PIB, salah satunya dari wikipedia Read more

Update Dong Identitas Pajak Anda ;)

NPWP amsyong

Dulu, pada suatu ketika di suatu hari (walah..) saya mendapat kabar dari famili di kampung. Katanya ada pak pos antar surat dari kantor pajak. Dalam hati saya bertanya-tanya, ” Wah ada apa ini kok dapat surat? Surat dari pajak untuk orang pajak pula 😕 “.

Dijelasin sekilas isi suratnya adalah meminta saya segera menyampaikan SPT Tahunan.  Hmm, sedikit info saya memang mendaftarkan diri di Probolinggo sehingga kode NPWP juga dari Probolinggo sementara sekarang saya bertugas di Timika dan saya lupa untuk memperbarui data alamat saat ini, sehingga jika masih ada surat yang sampai di alamat lama ya itu juga karena kesalahan saya sendiri yang tidak memperbarui data administrasi. Read more

Tata Cara Permohonan Pemindahbukuan (Pbk)

Bapak/ibu pernah salah nabung? Nabungnya sih gak salah maksud saya nomor rekeningnya 🙂 Maunya nabung ke rekening A tetapi salah tulis ke nomor rekening C. Sehingga nasabah minta bantuan customer service bank untuk melakukan pemindahbukuan agar uang tadi masuk ke rekening yang seharusnya.

Yah, kurang lebih seperti itulah proses pemindahbukuan di pajak. WP kadang salah setor SSP karena salah tulis NPWP, tahun pajak, jumlah dan sebagainya. Kesalahan tadi tentu tidak menguntungkan dengan kata lain bikin amsyong. Disinilah hak wajib pajak untuk meminta pemindahbukuan. Read more