Seri e-SPT PPh 21/26 2014 – Tambah Database & Isi Profil

Yak setelah pembaca belajar cara install e-SPT PPh 21, sekarang waktunya mencoba menambahkan database dan mengisi profil pada aplikasi. Default-nya atau normalnya aplikasi ini hanya menyediakan 1 database saja, sehingga untuk digunkan pada beberapa NPWP perlu databasenya untuk ditambah terlebih dahulu. Untuk pengisian profil hanya perlu dilakukan sekali di awal pengisian database baru, untuk penggunaan aplikasi berikutnya tidak perlu lagi isi profil kecuali pembaca ingin merubah/edit profil.

Cara Menambah Database Pada e-SPT PPh 21/26 2014 Langkah 1

media_1390969559016.png

Pada dasarnya cara menambah database pada e-SPT PPh 21/26 ini masih mirip dengan penambahan database pada e-SPT PPN. Yaitu:

  1. Buka windows explorer dan arahkan ke direktori C:\Program Files\DJP\e-SPT Masa 21-26 2014\db
  2. Buka folder db kosong

Cara Menambah Database Pada e-SPT PPh 21/26 2014 Langkah 2

media_1390970182484.png

Pada folder db kosong ada 2 template database yang siap untuk digandakan, pembaca mungkin heran apa bedanya antara 2 file tersebut dan mana yang harus dipilih yg nomor 1 atau 2?

  1. db2113.accdb adalah format yg digunakan pada microsoft office/access seri 2010 keatas
  2. db2113.mdb adalah format yg digunakan pada microsoft office/access seri 2007 kebawah

Jawabannya adalah sesuaiakan dengan versi office/access anda, format yg paling fleksibel saat ini adalah accdb yg sudah jamak dipakai pada office 2010 keatas. Karena office di PC saya versi 2013 maka saya pilih accdb atau yg nomor 1, kopi dan salin/paste di folder db

Cara Menambah Database Pada e-SPT PPh 21/26 2014 Langkah 3

media_1390970539820.png

Saya rename file db2113.accdb menjadi PT. Anti Amsyong.accdb sehingga nanti di palikasi akan muncul databasae dengan nama sesuai keinginan saya. Tambahkan database lain sesuai kebutuhan jika perlu.

Cara isi Profil Di Aplikasi e-SPT PPh 21

media_1390970771405.png

Buka aplikasi e-SPT PPh 21 lewat start menu (biasanya nama shortcutnya espt2114. Kemudian setelah aplikasi tertampil akan disughkan dengan layar pemilihan database, untuk latihan kali ini saya pilih database yang baru saja saya buat saya itu PT. Anti Amsyong kemudian saya klik Pilh DB

Login Ke Aplikasi e-SPT PPh 21

media_1390971106528.png

Untuk login ke aplikasi masukkan saja
Username: administrator
Password: 123

Isi NPWP dan Profil Wajib Pajak

media_1390973436361.png

Setelah login anda akan disuguhi dialog untuk mengisi NPWP, isi saja dengan NPWP perusahaan/pemberi kerja kemudian muncul form seperti gambar diatas dan lengkapi.

  1. NPWP (Sudah terisi pada dialog sebelumnya)
  2. isi NAMA PEMBERI KERJA
  3. Isi ALAMAT
  4. Isi no telepon (fixed line atau HP)
  5. Isi email
  6. NPWP Penandatangan
  7. Nama penandatangan
  8. NPWP Kuasa(jika dikuasakan)
  9. Nama Kuasa (jika dikuasakan)
  10. Contreng Bendahara Pemerintah Jika WP adalah dinas/instansi
  11. Isi Identitas Instansi jika memilih contreng nomor 10
  12. klik Simpan

Kemudian akan ada notifikasi Profil berhasil disimpan

36 replies
  1. KIKI ASRIDA
    KIKI ASRIDA says:

    Pak, saya baru saja copy database setelah login mau isi npwp gagal terus keluar tulisan “npwp tidak valid”

    mohon solisanya ya Pak.

    Balas
  2. Vitrelle
    Vitrelle says:

    Pak mau tanya, sudah copy database kosong, mengapa pas isi NPWP, selalu dibilang NPWP tidak valid? saya ada 5 PT dan semua NPWPnya tidak valid ktnya, padahal semuanya tidak masalah. Ini kenapa ya Pak? Mohon bantuannya, terima kasih Pak

    Balas
  3. ajenglistianingrum
    ajenglistianingrum says:

    hallooo, boleh tanya nggak, saya me rename file excel pph 21, nah pas saya laporkan ke KPP ternyata tidak bisa diinput karena file sudah saya rename, bagaimana cara menyelesaikannya ya?

    Balas
    • Dwi Utomo
      Dwi Utomo says:

      Selamat sore Bu Ajeng
      Maksudnya file CSV dari e-SPT PPh 21 kan? Jika filenya berubah nama, silahkan coba buat file CSV lagi dari aplikasinya langsung, kalo sudah jadi jangan diubah namanya. Jika memang perlu buatkan folder dengan nama yang diinginkan dan simpan di dalam folder.

      Balas
  4. Mey Sinaga
    Mey Sinaga says:

    pagi pak saya mau bertanya, cara mengetahui password e-SPT 21 gimana ya pak? password nya sempat di ganti tapi lupa. Terimakasih

    Balas
  5. yoes
    yoes says:

    pagi pak. saya sdh selesai membuat 2 wp/npwp pada 1 aolikasi e spt. langkah2nya sdh selesai. namun saat mau connect ke database dan membuat spt baru tampil bahwa data base sudah dibuat. sementara profile yg tampil npwp perusahaan yg sebelumnya. apakah saya harus mengganti profil utk perusaahan lain? kalo sdh diganti, apakah data perusahaan sebelumnya hilang? terimakasih

    Balas
  6. Christy
    Christy says:

    selamat malam pak, saya selama ini lapor spt pph ps. 21nya sebatas untuk pegawai tetap saja, nah padahal selama ini ada pegawai tidak tetap di atas ptkp.. tapi di aplikasinya tidak ada tempat bahkan untuk input manual tidak bisa, apa bapak punya solusinya nih..? mohon bantuan nya pak,,,, terimakasih,..

    Balas
  7. yush@
    yush@ says:

    bisakah kah install espt pph 21 dalam 1 komputer tetapi untuk beberapa perusahaan? kalo bisa bagaimana caranyanya?

    Balas
  8. Lia
    Lia says:

    Dear Pak Dwi Utomo,
    saya mau nanya mengenai kelanjutan pembuatan database untuk perusahaan baru.
    Database yg sudah saya buat ternyata tidak bisa dijalankan / dibuka dengan pesan :

    “Tidak dapat membaca Database. Download Database Access Engine di link:
    http://www.microsoft.com/en-us/download/detail.aspx?id=13255

    Tolong bantuan atas permasalahan ini ya Pak, jika bisa akan dikirimkan dalam bentuk attachment, tapi di sini tidak menerima attachment. Mungkin saya bisa minta alamat email Pak Dwi untuk saya kirimkan gambarnya ?.
    Terima – kasih banyak atas bantuan Bapak.

    Balas
  9. Putri
    Putri says:

    Assalamualaikum,
    mau nanya, saya pengguna baru espt pph 21, setelah import pph dan gaji kotor totalnya sama dengan seperti di excel yang di ambil dari aplikasi GPP..
    tapi pas buka aplikasi espt lagi pajak terutang lebih besar dari pph yang di setor, padahal bulan” sebelumnya selalu sama (pajak terutang = pph yang di setor )..
    bulan mei ini yang bermasalah. mohon bgt bgt bantuannya ..

    Balas
  10. Endah Rosmalia
    Endah Rosmalia says:

    Selamat Siang Pak, saya mohon bantuannya
    saya telah menginstall SPT PPh 21/26 vrs 2.1. dan mengikuti Langkah-langkah yang ada. dan telah berhasil menginstallnya. Kemudian ketika saya masuk pada menu user name : administrator dan pasword : 123 , kemudian Tampil pengisian NPWP. Karena belum pernah menginput sebelumnya saya mengisi sebanyak 15 digit NPWP . akan tetapi tidak bisa Lanjut ke menu berikutnya karena eror dan tampil tulisan eror untuk mengisi NPWP lagi sebanyak 15 Digit, padahal NPWP yang telah saya input sejumlah 15 Digit. Bagaimana Solusinya Pak …apakah Langkah awal menginstall salah , megapa bisa demikian. Mohon di bantu . terimakasih.

    Balas
  11. Endah Rosmalia
    Endah Rosmalia says:

    siang pak. mohon di bantu ..saya telah menginstallSPT PPh 21/26 2014 versi 2.1 ..saya sudah log in dan mengisi user name : administrator dan password : 123 , kemudian tampil dilayar untuk mengisi NPWP …ternyata ketika saya masukkan NPWP tidak bisa yang tampil adalah NPWP harus 15 digit (dan ada tulisan eror di kotak sebelah kiri atas)…padahal NPWP telah diisi sejumlah 15 digit…apakah bapak bisa memberikan solusinya…apakah salah penginstalan awal…padahal saya telah mengikuti petunjuk yg ada…mohon bantuan dan solusinya. Terimakasih.

    Balas
  12. Prima
    Prima says:

    siang pak dwi, saya mau bertanya, misalkan saya mau menginstall e-spt pph 21 karyawan untuk perusahaan saya link downloadnya apa ya pak ?? dan versi brapa?? mohon pencerahannya.

    Balas
  13. syamsuddin
    syamsuddin says:

    Saya barusan input data pajak tapi no NPWP beda dgn profil input awal terus mau di rubah enggak bisa tolong solussinya gmn tank,s

    Balas
    • Dwi Utomo
      Dwi Utomo says:

      Selamat siang pak Syamsudin
      Bisa dirubah file access databsenya, buka file database di C:\Program Files\DJP\e-SPT Masa 21-26 2014\db
      Kemudian buka filenya, dobel klik aja trus masukkan password “squarepants”, nanti di panel microsoft access sebelah kiri ada tabel dat_profile, buka tabelnya dan ganti pada kolom NPWPP

      Balas
  14. tien
    tien says:

    Sore Pak,
    Mohon bantuannya dong pak…bulan lalu saya habis install patch update espt pph 21 ver 2.2.1 yang versi terbaru dari web pajak.go.id. Tapi saat lapor ke KPP koq file csv nya tidak bisa terbaca? padahal waktu saya buat file csv fine-fine saja…trus file database nya dicek oleh petugas loket tetap tidak terbaca, dicek oleh orang IT pihak KPP tetap tidak terbaca.
    Saat itu di flashdisc ada 2 database yaitu database ppn & database pph21, yang terbaca di KPP adalah database ppn. sampai di kantor saya cek lagi apa bedanya database ppn & pph 21..ternyata database ppn menggunakan .mdb sementara database dari patch update menggunakan .accdb Saya cek database lama menggunakan .mdb

    Saya jadi bingung, kenapa waktu install patch update databasenya jadi berubah dari .mdb menjadi.accdb padahal itu meneruskan database lama, saya cuma install patch nya saja.
    Kenapa bisa tidak terbaca di KPP ya? solusinya bagaimana Pak..

    terima kasih

    Balas
    • Dwi Utomo
      Dwi Utomo says:

      Sore bu Tin
      Makasih infonya, saya malah baru ngeh kalau update patch 2.2 mmengkonversi tipe file dari .mdb ke .accdb.

      • Solusinya silahkan instal e-SPT PPh 21 di PC lain, kemudian buat database baru untuk perusahaan yg sama, tentunya belum ada isi selain profil saja.
      • Buka database PPh 21 yg lama (accdb) dan dobel klik, isi password db-nya dengan squarepants dan kopi tabel dari database lama ke database baru yg masih kosong
      • Kemudian buat CSV ulang

      Semoga bisa, saya rasa operator di KPP sana mengerti tentunya teknik diatas

      Balas
  15. yoshie
    yoshie says:

    siang pak mau tanya, saya baru menggunakan e-spt pph 21 th 2014. cuma ada masalah saat saya memasukkan NPWP di awal malah tidakbisa, tulisannya eror, npwp hrs 15 digit sehingga saya tidak bisa melakukan pengisian profile. sementara saya sudah pastikan npwp tsb sudah 15 digit dan asli. kenapa bisa bgtu ya pak? apa ada solusinya? terima kasih

    Balas
  16. yoshie
    yoshie says:

    pak mau tanya, saya baru menggunakan e-spt 21 thn 2014, semua sudah diintal, tapi eror dalam pengisian NPWP.. katanya npwp hrs 15 digit. padahal npwp yang saya masukkan sudah 15 digit dan npwp perush asli. namun tetap saja eror.. mengapa bisa bgtu ya? ada solusinya?
    terimakasih

    Balas
  17. Sudarsono
    Sudarsono says:

    siang pak Dwi, saya mau tanya soal eSPT PPh 21 2014 yaitu sayah sudah input npwp dan nama karyawan yang kena pajak terus saya sudah lapor ke kantor pajak tapi seminggu kemudian saya lihat ada kesalahan dalam input NPWP nya. saya bikin pembetulan nya di eSPT PPh 21 2014 lalu saya mau ubah NPWP nya tidak bisa pak dwi, mohon bantuannya pak Dwi. saya ucapkan terima kasih.

    Balas
  18. Djuwita
    Djuwita says:

    sore pak.mau nanya.kalau mau merubah no npwp perusahaan di espt pph 21 thn 2014. cara nya gimana ya.thx bantuaan nya

    Balas
    • Dwi Utomo
      Dwi Utomo says:

      Siang bu Djuwita, Jika masih belum banyak data yang terinput bisa buat database baru, nmaun jika ingin merubahnya maka rubah langsung file database sbb:

      1. buka file databasenya di windows explorer di C:\Program Files\DJP\e-SPT Masa 21-26 2014\db
      2. buka fil db access dan masukkan pasword squarepants
      3. buka table dat profile pada panel, sebelah kiri sendiri adalah nomor NPWP yg dimaksud
      4. Jika bingung minta bantuan OC KPP terdaftar
      Balas
  19. umar
    umar says:

    saya ada masalah koneksi database (espt pph badan) ke laptop baru yang sudah terinstalasi windows 8 dan menggukan office 2010 dari komputer pc (Windows Xp+ Office 2007).
    saya sudah coba copy database dan replace database tsb ke laptop yang baru dan sudah setting di odbcnya juga mengarah ke database hasil copy.
    tetapi selalu muncul untuk mengisikan nomor NPWP.
    Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    Balas
  20. Nadya
    Nadya says:

    Siang Pak Dwi, sya mau bertanya…kalo ada karyawan keluar dan sudah tidak menerima penghasilan apa2, tp sy mau mengembalikan pph yg bulan Jan sudah terlanjur saya potong,lapornya bagaimana ya pak?

    terima kasih

    Balas
    • Dwi Utomo
      Dwi Utomo says:

      Sore bu Nadya

      Waduh agak susah juga dijawabnya, karena tanggung jawab pengembalian tsb lebih kepada dari perusahaan ke ke karyawan terkait. Kecuali LB pada SPT masa PPh 21 maka tanggung jawab dari KPP ke perusahaan/WP. Saya tidak menjawab dari sisi pajaknya bu, silahkan dikomunikasikan atau disimpan dulu hingga karyawan tsb bisa dihubungi

      Balas
  21. Hijra
    Hijra says:

    Ada sedikit bug di e-spt masa pph 21 2014 yaitu pada saat impor 1721 bukti potong A2.
    errornya =
    “Error inserting line number: 2. Exception: Status PTKP tidak diisi dengan TK/K/HB.”
    Jadi di kolom Status PTKP, apabila diisi dengan “K” (Kawin), program e-spt masa pph 21 2014 akan menolaknya (impor gagal). Kalau diisi “TK” atau “HB”, program tidak menolak (impor berhasil).

    Balas
  22. arust
    arust says:

    Maaf pak sy sdh instal espt pph 2114 tp pas mau isi npwp perusahan ko muncul pesan npwp harus 15 digit? padahal npwp sudah benar sesuai dan jumlahnya 15 digit kenapa pak ya? terima kasih

    Balas
  23. Meidy
    Meidy says:

    Sore Pak, mau tanya, kalo misalnya dalam pembuatan 1721-A1 statusnya jadi lebih bayar, pada espt yang baru apakah bisa diperhitungkan ke bulan berikutnya? (kalau pada espt yg lama kan bisa diperhitungkan). Pertanyaan berikutnya, kalau pd epst yg lama PPh psl 21 yg telah disetor dr jan-nop ada pd spt induk, kalo pada espt yg baru yg sudah disetor adanya dimana? Terima kasih.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *