Laman Baru, Sistem Informasi Konsultan Pajak

Sistem Informasi Konsultan Pajak

Suatu ketika, suatu hari, suatu waktu, saya dapat edaran disposisi dari bos. Dibaca sekilas isinya tentang konsultan pajak, saya awalnya mikir mungkin akan ada aturan baru terkait pajak ternyata tidak ada yg baru, hanya penegasan atas aturan lama dan implementasinya dalam penanganan saat berhubungan dengan konsultan pajak. Poin lain yang menarik bagi saya adalah adanya pemberitahuan bahwa DJP mempunyai laman khusus yang diperuntukkan bagi konsultan pajak. Nah apa aja isi laman tersebut.

Sekilas Info

Konsultan Pajak adalah orang orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Ijin Praktik Konsultan

  • Pasal 3 ayat (1) menyatakan bahwa Konsultan pajak dapat menerima kuasa dari Wajib Pajak orang pribadi dan/atau Wajib Pajak badan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.
  • Pasal 7 ayat (1) menyatakan Konsultan Pajak yang telah diberikan Izin Praktik, diterbitkan Kartu Izin Praktik.
  • Pasal 7 ayat (4) menyatakan bahwa jangka waktu masa berlaku Kartu Izin Praktik adalah selama 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal penerbitan Izin Praktik.

Dokumen yang dapat digunakan Konsultan Pajak sebagai identitas bahwa yang bersangkutan resmi terdaftar pada DJP adalah Keputusan Izin Praktik dan/atau Kartu Izin Praktik

SIKOP

Apa itu SIKOP? Adalah Sistem Informasi Konsultan Pajak. Berupa laman khusus yang dikelola DJP tepatnya Bagian Organisasi dan Tata Laksana. Layanan yang diselenggarakan terkait administrasi konsultan pajak tidak dipungut biaya alias gratis.

Informasi apa saja pada laman SIKOP

1. Apa itu Konsultan Pajak
2. Apa itu Izin Praktik
3. Syarat menjadi Konsultan Pajak
4. Bagaimana cara memperoleh Izin Praktik
5. Jika orang yang pernah mengabdikan diri di DJP ingin menjadi konsultan pajak, apa persyaratan menjadi konsultan pajak
6. Jika pensiunan pegawai DJP ingin menjadi konsultan pajak, apa persyaratan menjadi konsultan pajak
7. bagaimana cara memperoleh Izin Praktik untuk orang yang pernah mengabdikan diri di DJP dan pensiunan pegawai DJP
8. Apakah calon konsultan pajak dapat langsung memperoleh izin praktik brevet b atau c
9. Apa itu Asosiasi Konsultan Pajak
10. Berapa Jumlah Asosiasi Konsultan Pajak

Jawaban di atas ada disana, silahkan klik laman sikop di https://konsultan.pajak.go.id

Ingat gunakan selalu jasa konsultan pajak yang resmi, biar bisnis aman dan usaha nyaman, kalau mau gratisan gunakan AR dan helpdesk yang tersedia di masing-masing KPP, sepuasnya 😀

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *