Cara Membuat Pembetulan SPT Tahunan Via E-Filing

5
1332
Tata Cara Pembetulan e-filing

Ada kalanya karena suatu hal kita perlu untuk melakukan pembetulan SPT. Jika masih menggunakan cara manual/formulir, Wajib Pajak cukup datang ke KPP dengan mengisi SPT kembali dan memperbaiki isian/bagian SPT yang salah.Sedangkan jika menggunakan aplikasi e-SPT maka perlu membuat pembetulannya di aplikasi tersebut. Nah bagaimana jika SPT yang dibetulkan pernah dilaporkan secara e-filing. Simak saja panduan ringkasnya di bawah ini.

Untuk contoh SPT yang kali ini dibetulkan adalah SPT Tahunan PPh OP 1770-S yang sebelumnya sudah pernah saya laporkan secara normal melalui e-Filing, dan kali ini akan saya tambahkan beberapa data di tabel harta sehingga mau nggak mau harus melalui prosedur pembetulan.

Persiapan dan Bahan

Mungkin ada yang yang bertanya, jika SPT normal/ke-0 dibuat dengan e-form apakah untuk pembetulannya harus melalui e-form dan sebaliknya jika SPT normal melalui e-filing apakah bisa penbetulannya melalui e-form? Jawabannya bisa semua. SPT normal yang dibuat dengan e-form bisa dibetulkan dengan e-filing begitu sebaliknya. Termasuk jika SPT normal dibuat dari djponline bisa juga dibetulkan melalui jasa ASP. Yang perlu disiapkan adalah:

  • Login djponline
  • Data-data tambahan atau yang akan dijadikan koreksi pembetulan
  • Doa, semoga lancar dan server DJP gak sibuk 😀

Langkahnya sederhana saja tinggal buka djponline.pajak.go.id lalu

  1. Masukkan NPWP 15 digit tanpa tanda pemisah
  2. Masukkan password djponline
  3. Isikan captcha sesuai gambar di atasnya
  4. Klik login, dan
  5. Pilih e-Filing

Pilih SPT

Pada panel kanan di Daftar SPT ada semua SPT yang sudah pernah dilaporkan secara online, mulai dari jenis SPT hingga cara penyampaian. Agar pembetulan menjadi akurat, bisa dilihat kembali arsip SPT untuk memastikan apakah koreksi perlu dilakukan atau tidak. Berikut penjelasan singkat menunya:

Kolom Jenis SPT berisi keterangan formulir yang dipakai, bisa secara umum bisa SPT Tahunan atau SPT Masa

  1. Tahun/Masa Pajak, untuk tahunan masa pajaknya 01-12, untuk SPT masa meyesuaikan masa pajaknya misal 04-04 dst
  2. Pembetulan Ke-, berisi informasi apakah SPT normal/pembetulan ke-0, atau SPT pembetulan ke-1, ke-2 dst
  3. Status, informasi SPT nihil, kurang bayar atau lebih bayar
  4. Jumlah, berisi rupiah atas SPT jika nihil maka nol rupiah jika kurang/lebih bayar maka akan muncul rupiahnya disitu
  5. Sumber, cara penyampaiannya apakah melalui eFiling atau eForm
  6. Ikon Lihat SPT, jika di klik akan muncul arsip SPT per bagian formulir
  7. Kirim Ulang BPE, jika BPE (Bukti Penerimaan Elektonik) belum diterima, bisa kirim ulang
  8. Lihat BPE, untuk melihat BPE atau jika perlu screenshoot/tangkapan layar buat dicetak sebagai arsip pribadi jika diperlukan
  9. Kalau sudah jelas, klik Buat SPT

Formulir SPT

Pada bagian ini akan muncul beberapa pertanyaan untuk membantu user memilih SPT yang sesuai kondisi WP. Untuk contoh saya akan memakai formulir SPT 1770-S, karyawan dengan penghasilan kotor setahun> 60 juta.

Langkah Pengisian SPT

Berikutnya ini yang membedakan dengan normal, yaitu pada isian statusn SPT dan urutan pembeulan

Let’s Correct Them

ah ini bagian intinya, betulkan isi SPT pada bagian yang diperlukan. Kali ini saya cuma mau membetulkan Daftar Harta dengan menambahkan harta berupa peralatan elektronik rekapan dari barang-barang elektronik (HP saya, HP istri, tablet gawai, laptop SNSV) yah  kira-kira nilai perolehan semua sekitar 10 juta lah.

Pernyataan

Karena saya hanya menambahan harta saja pada SPT pembetulan, maka status SPT saya tetap nihil, karena tidak ada perubahan komponen penghasilan ataupun kredit pajak. Klik Setuju/Agree pada bagian pernyataan SPT

Permintaan Kode Verifikasi/Token

Pada bagian akhir sebelum SPT disampaikan, cek kembali status SPT sesudah dibetulkan.Apakah menjadi KB, LB atau nihil. Ini tergantung pada item apa yang dibetulkan diSPT Tahunan. Untuk kali ini status SPT yang dibetulkan ke-1 masih nihil.

  1. Cek urutan pembetulan, Status SPT dan jumlah yang harus dibayar/lebih dibayar
  2. Klik kalimat [di sini] yang berwarna oranye untuk mengirim token ke email yang didaftarkan dengan djponline
  3. Buka inbox e-Mail Anda, cari kiriman dari efiling@pajak.go.id dengan perihal [e-Filing] Kode Verifikasi
  4. Cek server codenya apakah sudah sama dan
  5. Salin Kode Verifikasi dari email ke eFiling,
  6. Kemudian klik Kirim SPT

Selesai

Jika proses kirim SPT sudah selesai otomatis BPE sebagai tanda terima atas laporan SPT akan masuk di email dan bisa juga dilihat di menu Daftar SPT di awal. Akan muncul kotak survey super singkat atas layanan efiling ini. Bisa pilih Puas atau Tidak Puas, sayangnya user/Wajib Pajak tidak bisa memberikan tanggapan/kritik atau saran berbarengan dengan isian suvey ini, padahal bisa jadi itu akan membantu pihak teknis terkait untuk perbaikan kenyamanan dan kemanan pengguna. Setuju ??

 

5 KOMENTAR

    • Selamat pagi Pak Alfon
      Untuk pembetulan SPT Masa, tinggal dibuat dulu di aplikasi e-SPT nya pak kemudian, diupload csv-nya di djponline dengan memilih status pembetulan terlebih dahulu

  1. Saat kirim token,ga bisa ( blm mendownload formulir elektronik) padahal udah download form viewer dan sudah saya install.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.