e-Reporting, Ngilangin Yang Ngrepotin

27
259
e-reporting amnesti pajak

Seorang teman sekantor seprofesi tetapi beda seksi, berbagi sebuah salindia/slide/powerpint atau semacam itulah sodara-sodara. Isinya tentang pelaporan harta tambahan TA. Pada postingan sebelumnya saya sudah berbagi juga contoh format Laporan Tahunan Penempatan harta tax amnesty yang harus dilaporkan paling lambat saat pelaporan SPT Tahunan, jika masih kurang puas juga, bapak ibu bisa langsung meluncur di laman khusus di web DJP. Yang berbeda kali ini adalah lapornya ternyata bisa pakai e-Reporting Amnesti Pajak. Nah macam mana pula itu?

Setelah Wajib Pajak diberi bermacam-macam menu serba electronic yang bertujuan untuk memudahkan WP melakukan kewajibannya, seperti e-filing, e-form, e-billing maka diluncurkan lagi menu baru di djponline yaitu e-reporting. Jangan merasa rancu dulu antara e-reporting dengan e-filing. Kalau e-filing untuk pelaporan SPT, sedangkan e-reporting untuk laporan elektronik insidentil, jika melihat implementasinya maka e-reporting amnesti pajak digunakan khusus untuk laporan tahunan penempatan harta amnesti pajak, semoga ke depannya bisa untuk segala jenis laporan non SPT lainnya wallahu’alam.

Tampilan dibawah ini adalah menu e-reporting amnesti pajak yang sudah diaktifkan di djponline, nantinya akan bersanding diantara menu yang sudah lama eksis di djponline.pajak.go.id

Menu e-Reporting Amnesti Pajak

Sama halnya saat pertama kali e-form diperkenalkan, menu e-reporting Amnesti Pajak ini tidak akan otomatis muncul, alias harus diaktifkan dulu. Caranya dengan masuk di menu profil user dan mencontreng menu e-reporting Amnesti Pajak .

Cara Memunculkan Menu e-Reporting

Dan saat ini sepertinya e-reporting Amnesti Pajak baru diperuntukkan untuk WP yang mengikuti TA dan harapannya WP dapat memanfaatkan menu tersebut agar bisa lapor penempatan harta TA tanpa harus datang langsung ke KPP. Walaupun demikian jika masih ada yang lebih menyukai datang langsung menyerahkan laporannya ke TPT KPP juga sangat dibolehkan.

Batas Akhir Laporan Penempatan Harta TA

Gimana teknis laporannya? Untuk detilnya dapat bapak ibu baca atau unduh di slide di bawah ini. Sumber informasi saya dapatkan dari rekan KPP 629 di pajeglempung.com. Mudah khan??

Oh iya, tambahan info untuk yang tidak wajib lapor penempatan harta TA. Berdasarkan Pasal 3 ayat (2) Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER – 07/PJ/2018 bahwa penyampaian laporan pengalihan dan realisasi investasi harta tambahan dan/atau penempatan harta tambahan tidak diwajibkan bagi Wajib Pajak UMKM, dan/atau Wajib Pajak yang harta tambahannya semata-mata berada di luar negeri dan tidak dialihkan ke dalam wilayah Indonesia (deklarasi luar negeri).

Jika ada kesulitan silahkan hubungi petugas di KPP terdekat atau saluran telepon kring pajak 1500200

Download Panduan Laporan Tahunan Penempatan Harta TA PDF via

  1. amsyong.com
  2. Google Drive

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.