Lupa e-Fin? Mager Ke Kantor Pajak. Nih Cara Dapatinnya

6
752

Seorang pembaca berkirim tanya ke saya dari ibu Desi Yunita, “Pak, maaf minta bantuannya. Bisa gak sih mendapatkan EFIN secara online..? Soalnya kalau ke KPP jauh pak.” Ah saya sebenarnya mau jawab, “Belum bisa bu, harus datang ke KPP terdekat karena sifatnya rahasia”.

Tetapi sesaat saya teringat sekelebat berita yang diposting teman di grup kantor, bahwa kini untuk WP yang lupa e-fin dapat mendapatkan e-fin nya kembali tanpa harus ke KPP lagi. Bagaimana caranya? Dan apakah resmi layanannya?

Kemarin (8-3-2018) Pak Hestu selaku Direktur P2Humas memberikan siaran pers SP-11/2018 bahwa kini WP yang lupa nomor efin nya dapat menggunakan layanan online resmi dari DJP untuk mendapatkan efin nya kembali. Caranya cukup chatting dengan fasilitas live chat di www.pajak.go.id atau berikirm pesan privat/DM ke admin kring pajak di twitter @kring_pajak (https://twitter.com/kring_pajak). Selain itu WP juga bisa menggunakan saluran telepon Kring Pajak seperti biasanya di 1500200. Layanan di atas adalah layanan tambahan agar WP bisa segera memanfaatkan efin tersebut untuk keperluan lapor pajak online/e-filing/e-form atau untuk membuat billing pajak. pakah hanya lupa efin saja yang dilayani? Ternyata tidak juga, untuk permintaan kode billing dan kode verifikasi penyampaian SPT juga dilayani lho. Makin komplit kan..

Prosedurnya seperti apa?

  1. Wajib Pajak yang lupa EFIN dapat menerima EFIN setelah melakukan konfirmasi data sbb:
    1. NPWP
    2. Nama
    3. Alamat terdaftar pada saat registrasi EFIN
    4. Alamat email atau nomor telepon seluler terdaftar pada saat registrasi EFIN, dan
    5. Tahun pajak SPT terakhir (misalnya SPT terakhir yang dilaporkan adalah SPT tahun pajak 2016 yang disampaikan pada Maret 2017, maka jawabannya adalah 2016)

      Wajib Pajak harus memberikan seluruh data tersebut kepada petugas Kring Pajak, dan apabila data yang disampaikan cocok dengan data yang ada pada sistem DJP maka Wajib Pajak akan menerima email dari informasi@pajak.go.id yang berisi informasi EFIN dalam file dengan format PDF yang terproteksi dengan kata sandi yang tercantum dalam email yang sama.2. Pemberian informasi kode pembayaran (kode billing) atau kode verifikasi penyampaian SPT

  2. Bagi Wajib Pajak yang mengalami kendala dalam mendapatkan kode pembayaran (kode billing) atau kode verifikasi penyampaian SPT dapat menerima kode billing dan/atau kodeverifikasi setelah melakukan konfirmasi data sebagai berikut:
    1. NPWP
    2. Nama
    3. Alamat email atau nomor telepon seluler terdaftar pada saat registrasi EFIN,
    4. EFIN, dan/atau
    5. Jenis SPT (misalnya SPT masa PPN, SPT tahunan PPh badan, atau SPT masa PPh), masa SPT, atau status SPT (nihil, lebih, atau kurang bayar).

      Wajib Pajak harus menyampaikan data NPWP dan paling sedikit dua data lainnya, dan apabila data yang disampaikan cocok dengan data yang ada pada sistem DJP maka informasi kodebilling atau kode verifikasi akan disampaikan langsung kepada WP

 

Kapan WP Bisa Memanfaatkannya?

Awalnya saya mikir akan dilayani 24 jam, tapi ternyata dibatasi setiap hari kerja (Senin – Jumat) jam 08.00 – 16.00. Tapi wajarlah, karena para agen kring pajak yang akan memenuhi permintaan Anda juga pegawai kantoran sama kayak ayas.

Nah balik lagi ke pertanyaan Bu Desi, apakah bisa permintaan nomor e-Fin untuk awal pertama dilayani dengan cara di atas? Jika dibaca sepertinya belum bisa, tetapi kalau Anda mau mencoba bertanya ke petugas kring pajak, bisa jadi ada solusi lainnya. Silahkan mencoba ya.

Jangan tunggu akhir bulan, segera laporkan SPT mumpung belum antrean belum panjang di KPP dan mumpung server DJP belum overload. 🙂

Referensi:

6 KOMENTAR

  1. saya akan melaporkan pajak SPT 2017 , tapi nomor efin saya lupa dan mohon konfirmasinaya terima kasih

     

  2. Yg diminta efin…bukan lupa efin…yg diharapkan sy yaitu bisa minta efin on line…ini memudahkan wp dlm menjalankan kewajiban perpajakan yg serba on line…harus sdh bisa itu ya….

    • Selamat malam Pak Noval

      Pada layanan pemberian efin di tingkat KPP menyaratkan kehadiran WP pak. Sedangkan layanan diatas, diselenggarakan oleh KLIP/kantor pusat. Silahkan dicoba via chat/DM pak. Semoga dari agen kring pajak dapat memberikan solusi tanpa harus melalui KPP.

      Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.